Ditulis oleh Raisa Tanawi

Valentine’s Day emang udah lewat, tapi musim pacaran kayanya masih hot hot ajah—ada yang lagi PDKT, ada yang baru mau nembak, ada yang baru jadian, dan ada juga yang baru ketahuan jadian. Sayangnya, semuanya terancam buyar pas liburan panas datang dan si doi mau pulang karena lo kudu tinggal di negeri Singa ini untuk magang atau kerja.

Jadi, bagaimana caranya untuk memberikan a long lasting impression before the 2-3 grueling months of “aku kangen banget” atau “aduh kapan liburan selesai”?

Jawabannya, FOOD!!!

Tapi, daripada keluar duit seabrek untuk makan makanan porsi kecil di high-end restaurant, mending masak sendiri. Betul atau benar?

Berikut resep murah meriah yang bisa bikin pacarmu kesemsem lebih lama!

Let’s get started!

Vegetarian Cashew Melt Gourmet Home Pasta

Bahan:

Pasta Fettucinni
Gue pake Fettucinni, paling gampang untuk para amatiran di dapur. Kalian juga bisa pilih Linguine. Kalau nggak, ya Spaghetti. Tapi, hati-hati, makin gede pastanya, makin susah! Untuk petunjuk lebih jelas lihat ini.

Kacang Mete (Cashew nuts)
bisa juga kacang lainnya. Pilih Almond kalau mau manis atau Pistachio untuk rasa yang unik (asin-manisnya).

Prego Tomato Sauce
Saus pasta ini rasanya tetep homemade!

Roti
Wholewheat or plain, nggak masalah.

Butter/Margarin

Any leafy greens, a few stems
Chinese celery, peterseli, asparagus are some greens to consider.

1 Cheese Slice

Black pepper
Ga punya? White pepper will do. Ga punya juga? Yaudah, lewatin aja.

Cara Masak:

  1. Masak pasta di rice cooker karena aman, cepet dan gampang – bisa ditinggalin tanpa harus takut kebakar dan semacamnya. Tapi, jangan ditinggal lama-lama, ntar pastanya nyerep terlalu banyak air dan akhirnya melar, putih, nggak springy and chewy. Patokannya, pas ada busa-busa yang keluar dari lubang uap rice cooker, segera buka tutupnya dan tiriskan. Cobain satu, kalau udah enak (pake feeling ajah), langsung angkat, sembur air dingin biar dia berhenti ngembang.
  2. Siapkan bahan-bahan lainnya. Kacang dan sayur direndem di air panas mendidih sampai layu, langsung angkat dan siram air dingin.
  3. Kacang disiram juga jadi pas di-crush lebih gampang karena sudah agak lunak. But, treat it like a little lady! Jangan pake kekuatan superman, biar ada variasi—misal, bentuk kacang metenya ada yang masih keliatan dan ada yang crumbs.
  4. Teflon siapkan, api nyalakan (kecil!), mentega lelehkan! Sudah leleh, campur sama Prego deh. Biarkan mendidih.
  5. Prego mendidih, masukkan kacang dan aduk bareng sampe mateng.
  6. Siapkan satu slice roti. Oleskan mentega diatas, dab a bit of the prego diatas-tengah, yang punya oregano or black pepper bisa ditaburkan. Lalu di-toast sampe mentega lumer sekitar 2 menit sampe kering renyah. Roti bukan sebagai penambah (dan pengisi) space doang, tapi juga untuk nyerep minyak yang berlebihan dan air dari pasta.
  7. Tuang pasta ke mangkok untuk diaduk sama mentega (harusnya lebih tepat olive oil) dan merica. Proses ini biar pastanya nggak nempel and ada rasa yang bisa diserap sebelum pastanya bener-bener berhenti ngembang.
  8. Sudah siap dengan semua, pilih piring cantik ukuran besar (pilih yang tahan microwave), letakkan roti ditengah. Lalu, dengan garpu, tancep ke tempat pasta dan mulai puter satu arah, sampai menutup kepala garpu, angkat lalu dengan penuh perhatian, dorong the curled up pasta down, menjadikan seperti pasta tower. Sekeliling pasta tambahkan saus tomat secara minim. Lalu, potong kejunya in stripes, lalu bikin gerbang mengelilingi pasta tower diatas saus tomat! Masukkan ke microwave sekitar 40 detik, sampe lumer, dan harusnya keju akan lumer seperti lava dan nge-blend dengan saus tomat.
  9. Sudah lumer, tambahkan saus tomat dengan kacang secukupnya diatas. Dengan ujung sendok, buat garis lingkaran sekitar roti.
  10. Lilitkan sayur di jari buat dekorasi atasnya biar nurut bentuknya!
  11. Soal presentasi, memang harus begini! Pake tisu aja biasa dilipat, dan saus excess yang drip dari sendok biar rapih dan lebar garisnya tetap tipis. Rapihkan, dan jadi deh!

Gimana? gampang, susah, gampang jadi susah jadi gampang? Resep ini nggak dibatasin buat pacar doang. Misalkan, kalian bisa hidangkan resep ini untuk Hari Ibu di Indonesia tanggal 22 Desember! Kejutan yang pasti bisa bikin terharu dan nangis bombay bangganya…

Anyway, untuk kalian yang milih menu sehat, atau yang mau gaet “gadis tiang listrik”, roti atau pastanya pilih yang wheat atau whole grain. Pastinya lebih sehat!

Tapi, karena penulis memang nggak ada orang untuk berbagi di hari Minggu yang melankolis, hujan rintik di siang hari, porsi berdua dijadiin satu dengan tambahan 4 tower dan ayam dan taburan sisa-sisa biar bisa langsung dicuci. Maaf, kalau buat gue, porsi mini kaya begini mati aja ke laut ditagih puluhan dolar di high-end Italian restaurants. Nggak kenyangin, nggak nyaman di perut.

Finally, Selamat  mencoba! Mudah-mudahan berhasil ngambil hati si doi…

More on Uncategorized

What To Do in November
Merapi, One Heartbreaking Experience: A Volunteer's Recount
The Flaming Lips: Live in Singapore